Senin, 30 September 2019

Cara Membedakan Tinta Printer Original dan Tinta Palsu

Tinta Epson
Tinta Epson

Untuk urusan administrasi dokumen, akan selalu melibatkan perangkat printer untuk mencetak file-file penting yang dibutuhkan. Tentunya, Anda juga membutuhkan tinta agar mesin printer bisa berfungsi. Saat Anda membeli printer baru, Anda akan mendapatkan tinta original atau tinta resmi dari pabrik printer yang bersangkutan. Namun, jika sudah digunakan selama berbulan-bulan dan habis, Anda harus membeli tinta baru lagi.
Perlu diperhatikan, dalam membeli tinta harus berhati-hati agar tidak mendapatkan produk tinta palsu atau kw. Semakin banyaknya kebutuhan percetakan, beberapa pihak memanfaatkan peluang dengan menjual tinta kw dengan harga yang lebih murah untuk menarik pembeli. Lebih amannya, belilah jenis tinta sesuai dengan jenis printer yang Anda gunakan. Belilah di toko tempat Anda membeli printer atau toko resmi yang bersangkutan.
Tinta original maupun palsu akan mempengaruhi hasil cetakan dan berpengaruh pula pada kinerja mesin printer Anda. Jika tidak ingin mesin print cepat rusak atau hasil cetakan berkualitas buruk pastikan Anda membeli tinta original. Lalu bagaimana cara membedakan tinta original dan palsu? Berikut tipsnya!

Tips Membedakan Tinta Printer Original dan Palsu

Agar tidak salah memilih tinta, simak tips membedakan tinta printer original dan palsu dengan memahami ciri-cirinya sebagai berikut:
1.    Tinta Asli Memiliki Hologram 3D pada Kemasan, Sedangkan Tinta Palsu Tidak 3D
Saat membeli tinta, perhatikan kemasan tinta yang biasanya berupa kardus. Pada tinta asli, Anda akan menemukan logo hologram resmi dengan tulisan berjenis 3D (3 dimensi) atau timbul. Sementara, tinta palsu biasanya tidak dilengkapi dengan hologram. Kalaupun ada,logo hologram tidak berbentuk 3D (tidak timbul).
2.    Hologram Tinta Original dapat Digosok, Tinta Palsu Tidak
Hologram pada tinta original dapat digosok dengan kuku jari dan menampilkan kode tertentu. Sedangkan untuk tinta palsu saat digosok tidak menambilkan apa-apa.
3.    Tulisan Merek Tinta Original Printing Kasar, Tinta Palsu Printing Halus/Biasa
Untuk tinta original cenderung lebih kasar, sementara pada tinta palsu tulisan merek yang tertera pada kemasan cenderung halus. Hal ini karena pada tinta original, menggunakan sistem printing kasar atau timbul. Sementara, pada tinta palsu kardus kemasan diprint biasa.
4.    Stiker Kemasan Dilengkapi dengan Plastik sehingga Lebih Mengkilap
Jika Anda membuka kemasan kardus, lihat kemasan botol yang membungkus tinta. Botol kemasan selalu dibalut atau dilengkapi dengan stiker yang berisi informasi tentang tinta tersebut. Stiker tinta original dan palsu memiliki perbedaaan yang tampak jelas. Tinta original dibalut dengan stiker yang dilapisi plastik sehingga tampak lebih mengkilap. Sementara, pada tinta palsu stiker berupa kertas label biasa yang dipasangkan seperti menggunakan lem. Kertas lebih kusam dan mudah sobek.
5.    Botol Kemasan Tinta Original Lebih Elastis, Tinta Palsu Lebih Kaku
Saat Anda memegang botol tinta, Anda akan merasakan sedikit perbedaan. Dimana botol kemasan tinta original ini lebih elastis atau empuk ketika ditekan. Sementara, untuk tinta palsu cenderung lebih keras dan kaku.
6.    Tinta Original Memiliki Kode Produksi di Bawah Botol Kemasan dengan Tulisan yang Rapi, Tinta Palsu Tidak Memiliki atau Tidak Rapi
Coba lihat botol kemasan di bagian bawah. Pada tinta original akan tertulis keterangan merek tinta dan tanggal produksi. Sementara pada kemasan tinta palsu tidak memiliki keterangan tersebut. Jikapun ada, tulisan biasanya cenderung tidak rapi.
Jadi, itulah 6 cara sederhana membedakan tinta original dengan tinta palsu. Berhati-hatilah saat membeli tinta, jangan sampai mendapatkan produk palsu. Jangan tergiur dengan harga tinta yang relatif rendah dan ternyata kw.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Find Us

Head Office: Komplek Ruko Citra Gran, Blok R1 no.23 Jalan Alternatif Cibubur, Jatikarya, Jatisampurna, Bekasi
Phone: (021) 8452024 | 0852 10000 355
Email: sales@success-comp.com
Website: www.success-comp.com